Berita Kabupaten

Workshop Karya Tulis Kelitbangan Untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

  • Diskominfo Kabupaten Katingan
  • 12 April 2021 09:00
  • 54

Portal Katingan - Camat Kamipang Ade Irwan menghadiri dan membuka secara resmi Workshop Karya Tulis Kelitbangan Kembali diselengarakan di Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan tanggal 12-13 April  2021 bertempat di Aula Desa Kecamatan Kamipang.


Camat Kamipang menyambut baik kegiatan ini yang dilaksanakan oleh Bappelitbang Kabupaten Katingan. Menurutnya kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta dapat memberikan warna baru dalam dunia pendidikan yang saat ini masih dalam masa transisi (sistem sekolah tatap muka menjadi sistem daring/online). 

(Baca Juga : Wakil Bupati Katingan Sunardi NT. Litang Hadiri Rakor Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Wilayah Prov. Kalteng.)

"Saya berikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pelenggara workshop ini dan  harap agar para peserta dapat mencermati dan mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, dan kami berharap agar kegiatan ini bersifat kontinu bahkan jika bisa diadakan 2 kali setahun. Saya ucapkan selamat datang kepada narasumber dan mohon bimbingan sera arahannya sehingga para peserta yang hadir dapat menyusun KTI sesuai dengan aturan yang ada", ujarnya.


Sementara itu, Kepala Bappelitbang yang diwakili oleh Kasubbid Penelitian dan Pengembangan Ekomoni dan Pembangunan menyampaikan kegiatan ini bertujuan Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia khususnya dalam hal penulisan dan penyusunan Karya Tulis Ilmiah, menumbuhkan minat ASN, guru dan siswa serta masyarakat umum dalam melakukan penelitian dan pengembangan, Menjaring penelitian-penelitian pada lingkup Pemerintah Daerah, tenaga pendidik/guru, siswa serta masyarakat umum.

"Dengan dilaksanakan kegiatan Workshop Karya Tulis Ilmiah Kelitbangan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia khususnya dalam hal penulisan dan penyusunan Karya Tulis Ilmiah, sehingga akan diperoleh hasil kelitbangan yang bermutu dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya", jelas Silvi.

Pada kesempatan yang sama, Perwakilan Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Kamipang Gutang mengucapkan terima kasih dan bangga kepada Bappelitbang Kabupaten Katingan yang telah mau melaksanakan Workshop Karya Tulis Ilmiah Kelitbangan langsung di Kecamatan Kamipang, saya harap semua peserta mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, terutama sebagai bekal ilmu dan pengetahuan untuk siswa-siswi SMA apabila melanjutkan kegiatan yang lebih tinggi.

Pihak Korwil bidang Pendidikan Kecamatan Kamipang berharap Bappelitbang Kabupaten Katingan dapat menindaklanjuti kegiatan Workshop ini, dan apabilla nantinya dilaksanakan Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Kelitbangan, maka pihak Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Kamipang akan siap membantu.

Narasumber dari Widyaswara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Tengah Stepanus menyampaikan rendahnya riset daerah dikarenakan ASN, guru/pendidik, siswa-siswi serta masyarakat umum tidak terbiasa dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah. Banyak orang yang merasa kesulitan dalam memulai penulisan KTI dikarenakan sudah terbiasa dengan mindset bahwa KTI merupakan Karya Tulis yang wah hal inilah yang harus diubah.     

Kegiatan diikuti oleh guru dan siswa SMPN Satu Atap 3 Kamipang, SMAN Telaga, SMAS PGRI Telaga, SMPN Satu Atap 5 Kamipang, SMKN 1 Kamipang, SMPN Satu Atap 4 Kamipang dan SMPN 1 kamipang, staf kecamatan Kamipang dan Masyarakat