Berita Kabupaten

Rapat Koordinasi Penanganan Pasca Bencana Tingkat Kabupaten Katingan Tahun 2021

  • Diskominfo Kabupaten Katingan
  • 11 Oktober 2021 09:00
  • 383

Portal Katingan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Katingan menggelar Rapat Koordinasi Penanganan Pasca Bencana Tingkat Kabupaten Katingan Tahun 2021 dari Ruang Rapat Bupati Katingan. Senin, 11 Oktober 2021.

Rakor penanganan bencana ini dipimpin langsung Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang didampingi Kalaksa BPBD Kabupaten Katingan Roby membahas kebijakan di bidang penanggulangan bencana sebagai langkah bersama untuk melakukan penanganan pasca bencana  dan usulan kebutuhan pasca bencana yang dianggarkan melalui APBD Kabupaten Katingan maupun APBN.

(Baca Juga : Sekda Katingan Hadir Upacara Ziarah Nasional dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021)

“Langkah awal yang harus kita koordinasikan bersama adalah membahas kebijakan yang menjadi dasar penanggulangan bencana, baru selanjutnya saya meminta kepada dinas teknis untuk meyampaikan upaya penanganan yang telah dilakukan pasca bencana. Terlebih lagi saya meminta usulan kebutuhan apa saja yang diperlukan yang penganggarannya melalui APBD ataupun APBN”, jelas Wabup.


Ditambahkan Wabup Katingan, perlunya langkah pengambilan keputusan sebagai dasar dalam upaya penanggulangan bencana yang saat ini terjadi maupun yang akan dating, sehingga dampak yang terjadi dapat diminimalir dan tertangani dengan cepat.

Ada 5 (lima) sektor yang menjadi pokok pembahasan rakor, yakni permukiman, infrastruktur, ekonomi, sosial dan sarpras umum lainnya yang terdampak bencana banjir bulan Agustus - September 2021. Dan kecamatan yang terdampak adalah Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Katingan Hulu, Kecamatan Marikit, Kecamatan Petak Malai, Kecamatan Sanaman Mantikei, Kecamatan Pulau Malan, Kecamatan Katingan Tengah, Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Kecamatan Katingan Hilir, Kecamatan Tasik Payawan, Kecamatan Kamipang dan Kecamatan Mendawai. (Frans/Diah / Foto : Yeni)