Berita Kabupaten

Satpol PP Kabupaten Katingan menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2018

  • Diskominfo Kabupaten Katingan
  • 28 September 2021 09:00
  • 247

Portal Katingan - Dalam rangka pembinaan terhadap perokok di Kabupaten Katingan, Satpol PP Kabupaten  Katingan menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kabupaten Katingan. Selasa, 28 September 2021.


Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Salawan ini berlangsung selama 1 hari dengan peserta yang berasal dari Perangkat Daerah se Kabupaten Katingan. Serta  narasumber dari Satpol PP Kota Palangka Raya dan Satpol PP Kota Bogor Provinsi Jawa Barat.

(Baca Juga : Pemkab Katingan Berikan Apresiasi Kepada Polres)

Bupati Katingan Sakariyas dalam sambutannya mengingatkan posisi Indonesia berada pada peringkat ke-3 dengan jumlah perokok aktif tertinggi di dunia. Dan dari 60 juta orang perokok aktif tersebut 70% adalah masyarakat miskin.

"Dari 60 juta orang perokok aktif terdapat 70% adalah masyarakat miskin, yang secara ekonomi tidak mampu tetapi mereka tetap membeli rokok, bahkan data menyebutkan jumlah perokok anak dan remaja mengalami kenaikan 8,8% pada tahun 2016. Untuk diketahui jumlah ini mengalami kenaikan dari tahun ke tahun hingga saat ini”, jelas Bupati Katingan.


Untuk itu, Sakariyas  menanmbahkan kita  harus semakin peduli dengan fenomena meningkatnya perokok aktif, karena dampak yang ditimbulkan sangat mengkhawatirkan. Mengingat kematian akibat kebiasaan merokok di Indonesia telah mencapai 57 ribu orang per tahunnya. Dan diprediksi tingkat kematian di dunia akan mencapai 8 juta jiwa per tahun.

“Target jangka pendek kita adalah mensosialisasikan Perda ini kepada Perangkat Daerah yang ada sehingga menjadi contoh bagi seluruh kalangan masyarakat. Oleh sebab itu, saya sangat mendukung kegiatan ini dan menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mewujudkan program ini dengan menaati Perda Nomor 10 Tahun 2018”, tegas Bupati Katingan.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Katingan memasangkan selempang pita bagi Duta Kawasan Tanpa Rokok Kabupaten Katingan serta memberikan Piagam Penghargaan kepada Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Katingan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Katingan dan Forum Anak Kabupaten Katingan.

Tampak hadir mendampingi Bupati Katingan, Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan Pransang, Kasatpol PP Kabupaten Katingan Pimanto, Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Katingan Rentas, dan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Katingan.