Berita Kabupaten

40 Pelaku UKM Ikuti Sosialisasi dan Pelayanan bergerak tentang Perizinan Berusaha Melalui Sistem OSS di Taman Hijau Kasongan

  • yeni
  • 23 Juni 2021 09:00
  • 84

Portal Katingan - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Katingan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Pelayanan bergerak tentang Perizinan Berusaha Melalui Sistem OSS (Online Single Submmision) dan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko OSS-RBA (Online Single Submission Risk Based Approach) kepada 40 pelaku UKM yang dilaksanakan di Taman Hijau Kasongan Kecamatan Katingan Hilir. Rabu (23/6/2021)

Kepala DPMPTSP Kab. Katingan Karya Darma membuka langsung kegiatan sosialisasi ini. Dalam sambutannya, kegiatan ini merupakan persiapan pelaksanaan Online Single Submmision (OSS) dan Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) yang rencana efektif diberlakukan mulai bulan Juli 2021 bagi seluruh Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

(Baca Juga : Ketua TP-PKK Kabupaten Katingan Menghadiri acara Pelantikan Pengurus TP PKK Pusat Sisa Masa Bakti 2020-2024 Secara Virtual)


Ditambahkannya, sosialisasi ini bertujuan menyelenggarakaan pelayanan perizinan berusaha bagi seluruh pelaku usaha di Kabupaten Katingan melalui Sistem Online Single Submission (OSS) secara baik, dengan sasaran utama dari kegiatan sosialisasi saat ini adalah pelaku usaha skala mikro dan kecil.


"Untuk memberikan kepastian hukum dalam berusaha, meningkatkan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha serta menjaga kualitas perizinan yang dapat dipertanggungjawabkan, perlu didukung penyelenggaraan perizinan berusaha di daerah yang cepat, mudah, terintegrasi, transparan, efisien, efektif, dan akuntabel maka dipandang perlu untuk dilaksanakan sosialisasi bagi pelaku usaha agar mengetahui bagaimana mekanisme dan tata cara bagaimana proses pelayanan perizinan berusaha melalui Sistem Online Single Submission (OSS)," ungkap Kadis DPMPTSP.

Diharapkan Karya Darma, sosialisasi ini dapat memberikan informasi kepada pelaku usaha baik itu usaha mikro, kecil, menengah maupun besar tentang kewajiban memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB)dengan adanya penyerderhanaan perizinan serta memberikan informasi bagaimana tata cara pengurusan perizinan melalui Sistem Online Single Submission (OSS) secara mandiri.

Hadir mendampingi Sekretaris DPMPTSP Kab. Katingan Supardi, Kabid. Perencanaan, Pengembangan Iklim dan Promosi Penanaman Modal Santariasi dan Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Sosialisasi Romeos Kalvari selaku Kabid. Penyelenggaraan Pelayanan Perijinan dan Non Perijinan.