Berita Kabupaten

Pembangunan Rumah Sakit Pratama Guna Pemerataan Fasilitas Kesehatan

  • Diskominfo Kabupaten Katingan
  • 24 Maret 2021 20:26
  • 123

Portal Katingan – Bupati Katingan Sakariyas menyebutkan pelayanan kesehatan merupakan pelayanan dasar yang artinya wajib diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Namun saat ini kondisi Kabupaten Katingan dalam hal pemberian pelayanan dasar kepada masyarakat masih terbatas terutama di bidang kesehatan. Hal ini diungkapkannya saat melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Pratama  Tumbang Samba di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah. Rabu, 24 Maret 2021.

Menurut Sakariyas, mengingat kondisi geografis Kabupaten Katingan, maka dirasa perlu meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan yang dapat mencakup wilayah utara dan selatan. Dan salah satunya dengan membangun Rumah Sakit Pratama Tumbang Samba.

(Baca Juga : Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan Menghadiri Rakor Pencapaian Target Realisasi APBD Tahun 2020 )

“Saat ini Pemerintah Kabupaten Katingan telah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat berupa Dana DAK Fisik Tahun Anggaran 2021, yang dialokasikan untuk pembangunan Rumah Sakit Pratama. Cakupan pelayanan kesehatan dibeberapa kecamatan wilayah utara seperti Kecamatan Katingan Tengah, Kecamatan Sanaman Mantikei, Kecamatan Petak Malai, Kecamatan Marikit, Kecamatan Katingan Hulu dan Kecamatan Bukit Raya”, jelas Bupati Katingan.

Ditambahkan Sakariyas, Rumah Sakit Pratama yang akan dibangun guna pemerataan fasilitas kesehatan, mengangkat derajat kesehatan serta peningkatan akses pelayanan kesehatankepada masyarakat terutama masyarakat miskin dan tidak mampu serta daerah yang belum tersedia rumah sakit, atau rumsah sakit yang telah ada sulit dijangkau akibat kondisi geografis.

“Dengan dibangunnya rumah sakit ini diharapkan masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan  dalam mendapatkan pelayanan kesehatan terutama pasien rujukan dari puskesmas di wilayah utara. Sehingga angka kematian pasien akibat jauhnya akses kesehatan dapat ditekan. Saya juga berharap kepada masyarakat  untuk dapat mendukung pembangunan rumah sakit ini, maka pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat dapat terwujud”, tutup Bupati Katingan.

Turut hadir mendampingi Bupati Katingan, Pj. Sekda Kab Katingan, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Katingan, Kepala Dinas PUPRHUB Kab. Katingan, Kadis Pertanian, Pangan dan Perikanan Kab. Katingan, Ketua TP-PKK Kab. Katingan, Camat Katingan Tengah beserta Istri.