Berita Kabupaten

Sensus Penduduk September 2020 Terapkan Protokol Kesehatan

  • Diskominfo Kabupaten Katingan
  • 31 Agustus 2020 11:00
  • 29

Portal Katingan –  Bupati Katingan Sakariyas menghadiri Webinar Kick Off Sensus Penduduk 2020 didampingi Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Katingan, Kepala Bappelitbang Kabupaten Katingan, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Kabupaten Katingan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Katingan  dari Ruang Rapat Bupati Katingan. Senin, 31 Agustus 2020.

Webinar Kick off Sensus Penduduk Tahun 2020 dimulai tanggal 1 September dengan dilakukan melakukan pencacahan sensus penduduk di lapangan dengan mengerahkan 191 ribu petugas dengan menetapkan protokol kesehatan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir jika didatangi petugas BPS kata Kepala BPS RI  Suhariyanto dalam membuka saat webinar Kick Off Sensus Penduduk 2020.

(Baca Juga : 6 Orangutan Dilepasliarkan ke TNBBBR Katingan)

“Data kependudukan menjadi kunci penting untuk membuat kebijakan di berbagai bidang mulai dari pangan, perumahan, pendidikan, kesehatan, hingga transportasi, sehingga kami berharap masyarakat dapat menerima petugas yang melakukan sensus tanpa ada rasa takut terpapar virus covid -19,” ujarnya.

Ditambahkan Suhariyanto, Sensus lapangan yang akan dilakukan mulai besok yaitu tanggal 1 September 2020 akan dibagi dalam tiga zona wilayah yakni Zona satu, petugas akan membagikan kuesioner kepada masyarakat dan akan mengambil kembali kuesioner yang sudah diisi mandiri kepada masyarakat. Zona dua, BPS hanya akan melaksanakan tahap pemeriksaan penduduk dan verifikasi lapangan tanpa wawancara detail.  Zona tiga, BPS akan melakukan sensus di 41 kabupaten/kota di Papua dan Papua Barat dengan tetap melakukan metode wawancara. Dan yang terpenting seluruh petugas sensus sebelum terjun ke lapangan telah melakukan rapid tes untuk memastikan kondisi kesehatannya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya saat menghadiri Acara Tindak Lanjut Kick Off Sensus Penduduk 2020 dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah saat membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Tengah menyatakan BPS telah melakukan inovasi dengan menggunakan basis data kependudukan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri sebagai basis data dasar, selain menggunakan beberapa model pendataan lainnya, seperti SP online.

Diakhir acara webinar, Bupati Katingan menerima piagam penghargaan dari Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Tengah atas partisipasinya dalam menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020. (Rusmihing/Guhup/dhe).