Foto untuk : Workshop Kegiatan Penyusunan Profil Pendidikan Kabupaten Katingan tahun 2016

Workshop Kegiatan Penyusunan Profil Pendidikan Kabupaten Katingan tahun 2016

KASONGAN. Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan baru-baru ini melaksanakan program kegiatan penyusunan Profil Pendidikan dalam rangka proses awal untuk perencanaan pembangunan bidang pendidikan di tingkat Kabupaten Katingan tahun 2017. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan pada hari Senin, 23 Mei 2016 di Aula Losmen Citra Katingan dan dihadiri oleh 13 orang Kepala UPTD se Kabupaten Katingan dengan narasumber dari Kabupaten  adalah Kepala Bidang PSNP  Ramang, S.Pd.

Dalam Sambutannya pada acara pembukaan Kegiatan Penyusunan Profil Pendidikan di Aula Losmen Citra Katingan Kepala Dinas Pendidikan HARTONI, S.Pd.,M.Pd menekankan tentang pentingnya penyusunan profil pendidikan yaitu untuk  mendapatkan data dan informasi yang terintegrasi, lengkap, dan mutakhir mengenai keadaan pendidikan di Kabupaten Katingan.

Penyusunan profil pendidikan tahun 2016 ini diharapkan diperolehnya  sinkronisasi data yang valid dan akurat serta analisis data  secara deskriptif untuk mengetahui kinerja bidang pendidikan, yang mana didalamnya ada : Pendidikan Anak Usia Dini atau lebih dikenal dengan PAUD serta Pendidikan dasar dan menengah.  Kemudian, dengan menggunakan kinerja yang ada diharapkan dapat dilakukan identifikasi masalah terhadap pemerataan dan perluasan akses, mutu dan relevansi, serta tata kelola pendidikan.

Pada kutipan sambutannya Kepala Dinas Pendidikan menyampaikan tentang data kelulusan dan data peserta didik yang melanjutkan pada Profil Pendidikan Tahun 2015.  Peserta didik SD/MI se Kabupaten Katingan yang mengikuti UN tahun 2015 sebanyak 3.326 peserta didik dan jumlah siswa yang lulus UN sebanyak 3.326 sedangkan jumlah siswa yang melanjutkan ke jenjang SMP/MTs pada tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 3.146 jadi presentasi siswa yang melanjutkan sebesar 94,59 %. Adapun untuk jenjang SMP/MTs yang mengikuti Ujian Nasional tahun 2015 sebanyak 2.233 dengan jumlah peserta didik yang lulus ujian sebesar 2.229 kemudian data siswa yang melanjutkan ke jenjang SMA/SMK/MA tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 2.212 dengan demikian presentase jumlah siswa yang melanjutkan ke jenjang SLTA/sederajat sebesar 99,24 %.