Foto untuk : Sosialisasi Uji Kompetensi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas

Sosialisasi Uji Kompetensi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas

KASONGAN Rabu(06/04Bertempat di Gedung DISPENDA Kabupaten Katingan Jl.Ahmad Yani Komplek Perkantoran Kereng Humbang Kasongan, telah melaksanakan kegiatan penting yaitu Sosialisasi Uji Kompetensi Guru, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah  yang disingkat (UKG, UKKS, UKPS) dan Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan. Sosilisasi di hadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan dihadri oleh Pejabat Eselon III dan Eseslon IV Lingkup Dinas Pendidikan serta  Narasumber LPMP Kalimantan Tengah (Ardian Mustika Fajar, S.Kom). Sebagai peserta sosialisasi dihadiri Guru, Kepala Sekolah TK/ SD/ SMP/ SMA/ SMK/  Negeri dan Swasta se Kabupaten Katingan secara bertahap/sessi sesuai jadwal yang diagendakan satu hari yaitu pada hari Rabu, 6 April  2016.

Dalam laporan sosialisasinya, Kasi Pengembangan Standar Data (Luthfi Fauzi, S.Pd) sebagai Ketua Tim Pelaksana Kegiatan menyebutkan bahwa tahun ini (2016) Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan  Guru dan Kepala Sekolah yang terdaftar untuk mengikuti PLPG dan SG-PPG sebanyak 362 peserta dengan rincian 76 orang sebagai peserta PLPG dan 286 orang sebagai Peserta SG-PPG.

Sebagaimana dalam kata sambutannya Kepala Dinas Pendidikan (Hartoni, S.Pd.,MM) mengatakan bahwa tujuan kegiatan adalah sebagai acuan bagi pihak terkait dalam melakukan proses sertifikasi guru tahun 2016 secara transparan dan dapat dipertanggungkan.

Kegiatan Sosialisasi ini berkenaan dengan pelaksanaan sertifikasi guru dalam jabatan yang akan dilaksanakan dengan dua pola yaitu pola  PLPG dan SG-PPG. PLPG diperuntukan bagi guru yang  mulai bekerja TMT 30 Desember 2005 kebawah, sedangkan Sertifikasi Guru-PPG yang disingkat dengan SG-PPG diperuntukan bagi guru yang  mulai bekerja TMT  31 Desember 2005 keatas

Seperti yang disampaikan oleh Nara Sumber dari LPMP Propinsi Kalimantan Tengah bahwa Pelaksanaan Sertifikasi Guru merupakan salah satu wujud implementasi dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Tahun 2016 merupakan tahun kesembilan pelaksanaan sertifikasi guru yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007. Perbaikan penyelenggaraan sertifikasi guru terus dilakukan dari tahun ke tahun untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Perbaikan penyelenggaraan sertifikasi guru tahun 2016 antara lain pada mekanisme penyelenggaraan dan proses penetapan peserta. Penetapan calon peserta mulai tahun ini menggunakan batas minimal hasil uji kompetensi guru (UKG) yang dilaksanakan tahun 2015, perangkingan dilakukan oleh sistem yang terintegrasi dengan dapodik dan dipublikasikan secara online.(admin)