Foto untuk : Seminar Penyusunan Model Pengembangan Desa Percontohan Terpadu Sebagai Nilai Tambah Areal Eks Tamban

Seminar Penyusunan Model Pengembangan Desa Percontohan Terpadu Sebagai Nilai Tambah Areal Eks Tamban

 Acara seminar Penyusunan Model Pengembangan Desa Percontohan Terpadu Sebagai Nilai Tambah Areal Eks Tambang Di Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan Provinsi Kalimantan Tengah dilaksanakan di Aula Bappeda dan Penanaman Modal Kabupaten Katingan pada tanggal 16 Nopember 2016.

Acara seminar tersebut dibuka oleh Kepala BAPPEDA dan Penanaman Modal Kabupaten Katingan yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan Bapak Drs. Nikodemos, MM dan dihadiri oleh Perwakilan dari Kementerian ESDM serta beberapa instansi terkait antara lain Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Badan Ketahanan Pangan & Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak & KB,  Akademisi Universitas Palangka Raya, Kepala Desa Hampalit serta Kepala Dusun Karahesan dan instansi terkait lainnya.

Dalam kegiatan seminar ini, Kepala Bidang Perekonomian & Anggaran Drs.Markurius A. M.Si memaparkan hasil temuan dan survey terkait kondisi lingkungan dan masyarakat di Desa Hampalit dan sekitarnya termasuk pula hasil pendataan dan inventarisasi kegiatan SKPD Kabupaten Katingan di wilayah ini.

Pada kesempatan tersebut dipaparkan pula rencana kegiatan Kementerian ESDM terkait pencadangan lahan untuk bioenergi dan teknik-teknik reklamasi lahan pasca kegiatan tambang, yang disampaikan oleh Prof. Dr.Sigit Hardiwinarto Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Bioenergi dan Reklamasi Lahan Pasca Tambang narasumber lain yaitu Dr.Minsya T.Djaling, Ec. M.Kes salah seorang Widiyaiswara sekaligus Pembimbing Peserta Diklatpim III Angkatan 05 Provinsi Kalimantan Tengah memberikan tanggapan dan masukan untuk hasil kegiatan tersebut.  Selain itu, disampaikan pula masukan dan saran dari beberapa peserta seminar antara lain Dinas PU, Dinas Kelautan dan Perikanan, BPPAKB serta Kepala Desa Hampalit.

          Acara ini ditutup oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan sekaligus memberikan tanggapan dan saran terhadap hasil laporan yang disampaikan oleh pemapar dan kebijakan daerah untuk perencanaan pengelolaan & pemanfaatan areal bekas tambang di Desa Hampalit dan sekitarnya.

"Bidang Perekonomian & Anggaran"