Foto untuk : PELAYANAN TERPADU POSYANDU, BINA KELUARGA BALITA, DAN POS PAUD DI DESA HAMPALIT KECAMATAN KATINGAN H

PELAYANAN TERPADU POSYANDU, BINA KELUARGA BALITA, DAN POS PAUD DI DESA HAMPALIT KECAMATAN KATINGAN H

Posyandu, Kelompok Bina Keluarga Balita, dan Pos Pendidikan Anak Usia Dini (Pos PAUD) merupakan wadah layanan sosial dasar dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar anak sejak berada di dalam kandungan hingga berusia 6 tahun. Pemenuhan layanan sosial dasar dalam rangka memenuhi kebutuhan anak sangat menentukan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki Kabupaten Katingan di masa yang akan datang.

Peraturan Presiden Republik IndonesiaNomor 60 tahun 2013 Tentang Pengembangan anak usia dini holistik-integratif menegaskan bahwa layanan sosial dasar melalui Posyandu, Kelompok Bina Keluarga Balita, dan Pos PAUD seharusnya dilaksanakan secara terintegrasi untuk memastikan bahwa anak memperoleh pelayanan secara lengkap. Selain itu, pengintegrasian layanan Posyandu, Kelompok Bina Keluarga Balita, dan Pos PAUD dapat meningkatkan efisiensi penggunaan anggaran oleh SKPD terkait serta efisiensi waktu yang semula membutuhkan waktu/hari pelaksanaan lebih banyak jika dilaksanakan secara sendiri-sendiri, menjadi lebih singkat pelayanannya apabila dilaksanakan secara terpadu.

Karena pertimbangan tersebut, maka Tim Penggerak PKK Kabupaten Katingan bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak, dan Keluarga Berencana Kabupaten Katingan, dikoordinir oleh Ibu Endang Ahmad Yantenglie selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Katingan, melaksanakan sebuah program inovasi yakni memadukan pelayanan Posyandu, Kelompok Bina Keluarga Balita, dan Pos PAUD di dalam satu bentuk pelayanan yang dinamakan Pusat Pelayanan Terpadu Posyandu, BKB, PAUD. Dalam melaksanakan pembinaan di setiap desa menggunakan tahapan metode baku yang telah dilaksanakan di lokasi percontohan yakni Pos PAUD Al-Hikmah Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan. “Pelayanan mulai meja I sampai dengan meja V di Posyandu dilayani oleh Kader Posyandu, Kader Bina Keluarga Balita, dan Kader PAUD sehingga anak memperoleh layanan secara lengkap. Demikian juga dengan orang tua atau keluarga yang memiliki balita, akan memperoleh penyuluhan dari kader Posyandu dan kader Bina Keluarga Balita tentang kesehatan dasar anak dan pemantauan serta stimulasi tumbuh kembang anak. Kedepannya akan kita kembangkan implementasi pelayanan terpadu Posyandu BKB PAUD ini ke 161 desa/kelurahan. Seluruh desa wajib menerapkannya. Sementara ini dikembangkan model pelayanan terpadu yang didukung dengan penguatan kelembagaan dari stakeholder terkait seperti Dinas Pendidikan, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Tim Penggerak PKK, Dinas Kesehatan, dan Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak, dan Keluarga Berencana, dengan lokus berada di PAUD Al-Hikmah Desa Hampalit Kecamatan Katingan Hilir yang selanjutnya diharapkan dapat menjadi model bagi desa-desa lainnya untuk mengembangkan di desanya masing-masing. “ demikian penuturan Ibu Endang Susilawati Ahmad Yantenglie selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Katingan dan juga sebagai Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Katingan ini.